Ramalan Joyoboyo: Pilihlah Capres 2009-2014 yang dapat mengubah Indonesia menjadi Negeri yang Adil Makmur, Gemah Ripah Loh Jinawi!

Posted: Juni 8, 2008 in Ramalan Joyoboyo dan Kampanye Presiden 2009-2014
Tag:, , , ,

Bapak-bapak, Ibu-ibu dan Kawan-kawan yang kami hormati,

Hari ini, Minggu 8 Juni 2008, satu bulan tepat sebelum dimulainya Kampanye Presiden/Wakil Presiden untuk Periode 2009-2014. Oleh karena itu kami menghimbau masyarakat Indonesia yang peduli kondisi Bangsa saat ini untuk menyimak syair Joyoboyo dalam tiga bahasa, sehingga dapat menilai mana calon Presiden/Wakil Presiden yang akan mampu merubah Negeri yang kita cintai ini menjadi Negeri yang Aman Sentosa, Adil Makmur, Gemah Ripah Loh Jinawi bagi segenap Bangsa Indonesia……

Besuk yen wis ana kreta tanpa jaran.
Kelak jika sudah ada kereta tanpa kuda.
One day there will be a cart without a horse.

Tanah Jawa kalungan wesi.
Tanah Jawa berkalung besi.
The island of Java will wear a necklace of iron.

Prahu mlaku ing dhuwur awang-awang.
Perahu berlayar di ruang angkasa.
There will be a boat flying in the sky.

Kali ilang kedhunge.
Sungai kehilangan lubuk.
The river will loose its current.

Pasar ilang kumandhang.
Pasar kehilangan suara.
There will be markets without crowds.

Iku tandha yen tekane jaman Jayabaya wis cedhak.
Itulah pertanda jaman Jayabaya telah mendekat.
These are the signs that the Jayabaya era is coming.

Bumi saya suwe saya mengkeret.
Bumi semakin lama semakin mengerut.
The earth will shrink.

Sekilan bumi dipajeki.
Sejengkal tanah dikenai pajak.
Every inch of land will be taxed.

Jaran doyan mangan sambel.
Kuda suka makan sambal.
Horses will devour chili sauce.

Wong wadon nganggo pakeyan lanang.
Orang perempuan berpakaian lelaki.
Women will dress in men’s clothes.

Iku tandhane yen wong bakal nemoni wolak-waliking jaman.
Itu pertanda orang akan mengalami jaman berbolak-balik.
These are signs that the people is facing the era of turning upside down.

Akeh janji ora ditetepi.
Banyak janji tidak ditepati.
Many promises unkept.

Akeh wong wani nglanggar sumpahe dhewe.
Banyak orang berani melanggar sumpah sendiri.
Many break their oath.

Manungsa padha seneng nyalah.
Orang-orang saling lempar kesalahan.
People will tend to blame on each other.

Ora ngendahake hukum Allah.
Tak peduli akan hukum Allah.
They will ignore God’s law.

Barang jahat diangkat-angkat.
Yang jahat dijunjung-junjung.
Evil things will be lifted up.

Barang suci dibenci.
Yang suci (justru) dibenci.
Holy things will be despised.

Akeh manungsa mung ngutamakke dhuwit.
Banyak orang hanya mementingkan uang.
Many people will become fixated on money.

Lali kamanungsan.
Lupa jati kemanusiaan.
Ignoring humanity.

Lali kabecikan.
Lupa hikmah kebaikan.
Forgetting kindness.

Lali sanak lali kadang.
Lupa sanak lupa saudara.
Abandoning their families.

Akeh bapa lali anak.
Banyak ayah lupa anak.
Fathers will abandon their children.

Akeh anak wani nglawan ibu.
Banyak anak berani melawan ibu.
Children will be disrespectful to their mothers.

Nantang bapa.
Menantang ayah.
And battle against their fathers.

Sedulur padha cidra.
Saudara dan saudara saling khianat.
Siblings will collide violently.

Kulawarga padha curiga.
Keluarga saling curiga.
Family members will be suspicious of each other.

Kanca dadi mungsuh.
Kawan menjadi lawan.
Friends become enemies.

Akeh manungsa lali asale.
Banyak orang lupa asal-usul.
People will forget their roots.

Ukuman Ratu ora adil.
Hukuman Raja tidak adil
The ruler’s judgments will be unjust.

Akeh pangkat sing jahat lan ganjil.
Banyak pembesar jahat dan ganjil
There will be many peculiar and evil leaders.

Akeh kelakuan sing ganjil.
Banyak ulah-tabiat ganjil
Many will behave strangely.

Wong apik-apik padha kapencil.
Orang yang baik justru tersisih.
Good people will be isolated.

Akeh wong nyambut gawe apik-apik padha krasa isin.
Banyak orang kerja halal justru malu.
Many people will be too embarrassed to do the right things.

Luwih utama ngapusi.
Lebih mengutamakan menipu.
Choosing falsehood instead.

Wegah nyambut gawe.
Malas menunaikan kerja.
Many will be lazy to work.

Kepingin urip mewah.
Inginnya hidup mewah.
Seduced by luxury.

Ngumbar nafsu angkara murka, nggedhekake duraka.
Melepas nafsu angkara murka, memupuk durhaka.
They will take the easy path of crime and deceit.

Wong bener thenger-thenger.
Si benar termangu-mangu.
The honest will be confused.

Wong salah bungah.
Si salah gembira ria.
The wrong doers will be very happy.

PILIHAN ANDA AKAN MENENTUKAN NASIB BANGSA INDONESIA DALAM 5 TAHUN MENDATANG.
JANGAN SALAH PILIH!

Komentar
  1. Hidayat mengatakan:

    Jayabaya itu memberi ramalan dan seperti halnya semua ilmu ramalan, manusia diberi kesempatan utk berusaha agar ramalan yang sifatnya buruk tidak terjadi.
    Kita butuh pemimpin = Presiden, yang mau membaca ramalan Jayabaya, kemudian mengajak seluruh jajaran pemimpin yang dipimpinannya agar ramalan sang Jayabaya tidak terjadi !!!
    Bagaimana ? ya dimasing-2 bidang memperhatikan, jangan KKN, jangan melakukan Ketidak mapanan, sehingga jangan sampai ramalan Jayabaya (misalnya yang salah bungah, wong bener thenger-2).
    Konkritnya dan contoh gampang saja, ajak para pemimpin mulai dari lurah, camat, bupati dan jajaran petugas agar perempatan CIAWI tidak macet “pasar tumpah kejalan”, angkot tak terkendali, sebab perijinannya jadi bahan KKN, mahal ijin dari kendaraannya? Buatkan fasilitas yang baik utk UKM asal jalanan tidak macet sampai ke Sukabumi. Yang sama juga di kawasan Cikarang dan daerah Industri diTanggerang dll… diperumahan ada garis sepadan sampai 20 meter, eh warung bisa mepet kejalan besar ?
    Mana Pemimpin yang bisa mengatasi hal2 sederhana dan konkrit ?

  2. http://ichuwae.com mengatakan:

    kurang lengkap,,,,mohon di lengkapi boss

  3. Ega_ casper mengatakan:

    Menurut aku ya fifty – fifty aja tergantung orangnya ajah……………………………yah moga ajah negeri kita ini bisa dipimpin oleh orang yang benar – benar peduli ma rakyat indonesia……………..

  4. Q-teens mengatakan:

    Ya aku percaya ajah so ya gitu dehhhh

  5. gege panditho mengatakan:

    Kami percaya akan peristiwa yang akan datang bila yang melihat mempunyai intuisi/penglihatan bathin yang jernih. Dan hal tersebut dikatakan oleh kebanyakan orang sebagai ramalan… Mau tidak mau, siap tidak siap dan suka maupun tidak suka, kita harus melaluinya dan menjalankannya. Moga-moga sang pemimpin saat ini sudah bersiap-siap, karena dia mungkin datangnya dari kalangan rakyat jelata. rakyat yang diberi wahyu oleh tuhan, allah swt untuk memimpin negeri yang sudah hancur dan tidak bertatanan lagi ini.. pemimpin yang (mungkin) masa lalunya adalah seorang raja, raja yang pernah memerintah di nusantara.. amin…

  6. Semua ramalan pasti dari manusia adanya, tapi ingat Tuhanlah yang menentukan. Jadi tetaplah selalu mendekat pada Tuhan setiap detik, setiap detak nafasmu. Selalu mendekat padaNya !

  7. St.Goro2 mengatakan:

    Dear all,

    Kami percaya bahwa negeri ini/ibu pertiwi kelak akan dipimpin oleh orang seperti yang tertulis dalam ramalan prabu jayabaya.

    Yang jadi masalah saat ini adalah interpretasi orang2/rakyat terhadap tokoh (Satrio Piningit) sebagaimana yang dimaksud dalam ramalan tersebut.

    Menurut kami ramalannya jelas, Presiden mendatang 2009 adalah yang muncul dan berasal dari rakyat (orang yang belum dikenal). Dialah kelak yang diberi wahyu dan atas ketetapan Allah, dipilih dan terpilih sebagai Presiden 2009.

    Bukan yang sudah ada saat ini, bukan mantan pejabat, bukan yang pernah menjabat sebagai pejabat (posisi terhormat) bukan yang sudah mengiklankan diri.. bukan dan bukan mereka.. mereka jelas telah gagal. Mereka adalah produk KKN, karena kalau tidak KKN mereka tidak mungkin bisa jadi pejabat saat itu..

    Saat ini banyak orang yang memaksakan kehendak dan mengaku-ngaku.. yaa sah-sah saja

    Sebagai informasi tambahan,
    Presiden mendatang akan didukung oleh fasilitas yang cukup memadai, dia didukung oleh para pemegang amanah, para leluhur dan orang-orang waskita yang saat ini masih ada dan tetap bersembunyi..
    Mereka tidak akan pernah mengaku-ngaku sebagai sesepuh.
    Karena sesepuh menurut mereka adalah sepuhan, jadi bukan asli/original.. sepuhan lama-lama bisa luntur dan aslinya akan kelihatan bahwa mereka adalah palsu, hehehe…

    Setelah krisis melanda negeri ini dan ditambah musibah lainnya (goro-goro), mungkin saat itulah seorang pemuda yang belum dikenal publik muncul, dia akan membantu rakyat yang menderita, membantu rakyat yang kelaparan, membantu memperbaiki sekolah2 yang hancur, membangun rumah sakit/puskesmas untuk kalangan papa/miskin, membantu tanpa membedakan asal usul, suku, agama dsb.. rahmatan lil allamin, untuk semua makhluk ciptaan Allah swt, Tuhan sekalian alam. Mampu berdiri diatas semua golongan.

    Mungkin apa yang diperbuat sang tokoh (capres) tadi tidak semuannya terekspos media massa.. karena dilakukan dengan dasar lillahi ta’alla alias ikhlas..

    Setelah itu… rakyatlah mencalonkan beliau sebagai Presiden RI yang ke 7. Mayoritas rakyat Indonesia mencalonkannya.. Atas restu yang illahi, alampun bekerja untuknya..

    Wassalam,
    St. Goro2

  8. iron mengatakan:

    semoga ramalan ini memang tepat tapi klo lebih jeli mungkin ramalan ini tepat untuk jatim….mari belajar pintar dengan mencari tau sendiri,,,,,hahahhaha

  9. dukun presiden 2009 mengatakan:

    Ramalan Presiden 2009 menurut saya adalah
    Sri Sultan

    ramalan lengkap klik di dukun presiden 2009

  10. me mengatakan:

    semuanya dah pada tau Raden Tidar Hadi sutarto belum?

  11. jacky mengatakan:

    semua ramalan bisa di logika deh kayake.

    apa yang di katakannya adalah kemampuan untuk berfikir tentang sebab dan akibat.

    jika tidak tidur maka akan lesu.

    kenapa kamu lesu?
    karena kemari saya tidak tidur.

    kenapa ya kok kita kebanjiran?
    ya kerena kita nebang hutan sembarangan.

    BELIAU seperti kita juga. manusia yang makan nasi.. okey
    mungkin yang membedakan, beliau punya kemauan untuk berfikir, merasakan. serta mengungkapkan.. kali ya

  12. andap ashor mengatakan:

    yang jadi pimpinan dah ada yg yg pestike soko nduwor seng penting awake dewe eleng lan waspodo…

  13. Nanang Kabul Leksono mengatakan:

    P and G for Indonesia 2009-20014 more see on my fB

  14. deen mengatakan:

    tlg kirimi ramaln joyoboyo yang lengkap donk… ad brp.
    pokokny dr awal—akhir lah.

    Admin:
    Silahkan klik link dibawah ini untuk baca Ramalan Jayabaya yang lebih lengkap:
    KLIK DISINI

  15. sudirman mengatakan:

    saya yakin seratus persen akan kemunculannya, seorang pemuda yang gagah berani berasal dari indonesia timur, dia akan menjalankan aturan hukum berdasarkan wahyu tuhan, kemunculannya paling cepat tahun ini paling lambat lima tahun kedepan. presiden yang terpilih nanti thn 2009 bisa saja kandas ditengah jalan karena terjadi revolusi sosial (huru hara,goro goro) disaat itulah dia akan muncul dan mengambil alih pemerintahan, kemungkinan gelarnya bukan lagi sebagai presiden tetapi seorang raja,maha raja,dan semua pemimpin diseluruh dunia baik itu presiden ataupun seorang raja tunduk kepadanya tidak ada yang berani membantah/melawan. dia didukung penuh oleh alam semesta semua unsur dalam genggamannya, menyerang tanpa pasukan menang tanpa kesombongan. selamat menanti kedatangannya. trims dari makassar. sampai jumpa.

  16. Satrio Maryono mengatakan:

    pancen bener ngedikane poro Winasis
    yen mongso kolo wis ndungkap
    nyedaki jaman pungkasan
    menowo podho ora eling marang pangerane
    kari ngenteni bebenduning pangeran
    imuto karo ngedikane pujonggo luhur
    SAK BEJO BEJANE WONG KANG LALI
    ISIH BEJO WONG KANG ELING LAWAN WASPODO

  17. azzaky mengatakan:

    salam sejahtera bagi qt smua

    Kbtulan sy spndpt skli ttg gmbaran Eyang Joyoboyo cz tu tlh bnyk dketahui dr klangan org kjawen khususx.

  18. metafisika mengatakan:

    presiden yang memimpin adalah laki-laki bukannya perempuan..

  19. wong jowo mengatakan:

    saya merasakan akan munculnya sang pemimpin dan berharap agar kita semua semakin menyadari akan kesalahan yg kita perbuat krn siklusnya sdh saatnya dan untuk indonesia

  20. R. Agung Kusumo mengatakan:

    Ramalan Joyoboyo setapak demi setapak sudah mendekati kenyataan. Tanda2 jaman sudah mulai jelas ditampakkan. Kita saja yang kurang tanggap menangkap sasmita yang ada. Jangan gunakan olah pikir, tidak akan mampu dicerna dengan pikir, semua tidak ada di logika tapi saya yakin dan pasti itu akan terjadi. Naluri, nurani dan kecerahan batinlah yang dapat menangkap sinyal2 datangnya sang ratu adil itu. (Mohon maaf bukan berarti saya tlah mendapat kekecerahan bathin yang mapan).
    Kita selalu mereka2 setiap pemimpin yang terpilih sudah dianggapnya satriyo piningit. Tampaklah tidak demikian adanya. Kalau menurut saya pemimpin yang digadang2 dalam ramalan itu tidak pernah dipilih oleh rakyat tapi didukung oleh rakyat, sarana dan kemampuannya telah disiapkan dan dipenuhi oleh Hyang Agung.
    Saya yakin akan kedatang seorang pemuda Tampan yang Agung dan dia tidak akan mengaku2 sesepuh atau memintanya untuk dianggap sesepuh. Tidak ada yang dapat membantah kehendaknya dialah seorang pangeran Agung yang akan memimpin di Nusantara ini bahkan muka duniapun akan mengarah kepadanya. Saya meyakininya dia bukanlah seorang presiden dan saya setuju gambarannya mendekati apa yang disampaikan oleh sdr. gege pandhito

  21. R. Agung Kusumo mengatakan:

    Ramalan Joyoboyo setapak demi setapak sudah mendekati kenyataan. Tanda2 jaman sudah mulai jelas ditampakkan. Kita saja yang kurang tanggap menangkap sasmita yang ada. Jangan gunakan olah pikir, tidak akan mampu dicerna dengan pikir, semua tidak ada di logika tapi saya yakin dan pasti itu akan terjadi. Naluri, nurani dan kecerahan batinlah yang dapat menangkap sinyal2 datangnya sang ratu adil itu. (Mohon maaf bukan berarti saya tlah mendapat kekecerahan bathin yang mapan).
    Kita selalu mereka-reka setiap pemimpin yang terpilih sudah dianggapnya satriyo pininggit. Tampaklah tidak demikian adanya. Kalau menurut saya pemimpin yang digadang2 dalam ramalan itu tidak pernah dipilih oleh rakyat tapi akan didukung oleh rakyat, sarana dan kemampuannya telah disiapkan dan dipenuhi oleh Hyang Agung.
    Saya yakin akan kedatang seorang pemuda Tampan yang Agung dan dia tidak akan mengaku2 sesepuh atau memintanya untuk dianggap sesepuh. Tidak ada yang dapat membantah kehendaknya dialah seorang pangeran Agung yang akan memimpin Nusantara ini bahkan muka duniapun akan mengarah kepadanya.
    Saya meyakininya dia bukanlah seorang presiden dan saya setuju gambarannya mendekati apa yang disampaikan oleh sdr. gege pandhito
    Pesanku:
    Mari kita perbanyak memahon Ampunan kepada Hyang Agung (Gusti Allah) dan mamuji/ Mojo) agar kita selalu diberikan keselamatan, Amiiiiiin.

    • sholikhul hadi mengatakan:

      dimana saya bisa mendapatkan buku joyoboyo?..
      mohon diberi tahu. suwun..

      Pak Sholikul Hadi Yth,
      Ada beberapa buku tentang Ramalan Joyoboyo yang saya peroleh dari sebuah restauran di Jl. Pantura, sebelum kota Cirebon..

  22. mardi mengatakan:

    Barang jahat diangkat-angkat.
    Yang jahat dijunjung-junjung.

    Barang suci dibenci.
    Yang suci (justru) dibenci.

    Wong bener thenger-thenger.
    Si benar termangu-mangu.

    Wong salah bungah.
    Si salah gembira ria.

    sudah terjadi,hal diatas banyak dilakukan org2 disekitar kita(rakyat),masyarakat kebanyakanpu lupa diri,taunya ikut2an menghujat,tp tdk pernah koreksi diri..

    BILA SUATU KAUM LUPA UNTUK BERSYUKUR DAN BANGGA DENGAN DOSA2.MAKA ALLAH AKAN TURUNKAN PEMIMPIN YG DHOLIM DAN JUGA BENCANA..

  23. mds mengatakan:

    yang saya tahu sih kata orang sableng pemuda itu ada tanda tompel diantara pundak ketiak belakang bentuk trisula. hidupnya normal layak kehidupan pada umumnya. keturunan tunggal ,hidupnya dimetropolitan dan pernah memberi amanah ke sby saat pertama menjadi calon presiden. tapi sayang beliau melupakan nya pertemuan itu padahal batin beliau yang memohon kepada sang Kuasa untuk bertemu. sarat gejala alam tidak terdekteksi.saya rasa tanggal 261209 ada gejolak dipemerintahan sby .masalah nasional. kita buktikan saja apakah benar itu terjadi hanya Allah SWT yang memperlihat kan kepada kita rakyat bumi pertiwi. mohon maaf ini hanya guyonan untuk kita intropeksi bahwa kita tahu akan diri kita sebenarnya dekat atau malah menjauh dari ALLAH SWT. merdeka

  24. sroestam mengatakan:

    Hari ini tanggal 261209, kita buktikan…

  25. ki jujuk mengatakan:

    endahing pitutur SINUHUN EYANG JOYOBOYO kang ngabekti soho BUMI UGO MANUNGSO kang sayekti…. SEBAIKNYA: *KITA SEBAGAI MANUSIA HARUS TAU MANUSIA ITU SEPERTI APA… *KITA JG HARUS MENGENAL BUMI & ALAM SEMESTA ITU SEBAGAIMANA MESTINYA DICIPTAKAN OLEH TUHAN… *KITA JG HARUS KEMBALI BERSUJUD SYUKUR,MENGENAL,&MENDEKAT PD TUHAN YANG MAHA ESA PENCIPTA&PENGUASA ALAM SEMESTA…

  26. putrane_buono mengatakan:

    Besuk yen wis ana kreta tanpa jaran
    sekarang transportasi sudah gak pakai kuda ( motor , mobil,kapal dan pesawat terbang )

    Tanah Jawa kalungan wesi.
    tanah jawa sudah di lingkari sama rel kreta api

    Prahu mlaku ing dhuwur awang-awang.
    sudah ada kapal terbang jaman skrang

    Kali ilang kedhunge.
    lumpur lapindo yang di alirkan ke sungai ( salah 1 contoh )

    Pasar ilang kumandhang.
    berangsur – angsur pasar akan tidak ada pengunjungnya

    Iku tandha yen tekane jaman Jayabaya wis cedhak.
    tandane datang zaman jayabaya sudah dekat

    Bumi saya suwe saya mengkeret.
    manusia merasa bumi tidak selebar daun kelor

    Sekilan bumi dipajeki.
    setiap tanah di pajaki pemerintah ( sudah ada )

    Jaran doyan mangan sambel.

    Wong wadon nganggo pakeyan lanang.
    Sudah banyak anak perempuan berpakaian laki2

    Menurut pendapat saya , Presiden 2009-2014 belum bisa membawa indonesia seperti Kerajaan majapajit rakyat
    Gemah Ripah Loh Jinawi

  27. wahyu mengatakan:

    gimana caranya orang jawa bisa kembali kokoh di bumi nusantara ini? matur sembah nuwun…….

  28. wahyu mengatakan:

    gimana caranya orang indonesia kembali ke jati dirinya? matur sembah nuwun…….

  29. wahyu mengatakan:

    tolong tanah airku ini di jaga dengan jiwa kepahlawanan? matur sembah nuwun………..

  30. wahyu mengatakan:

    semoga aja orang jawa tidak akan lupa sama jawanya? matur sembah nuwun………

  31. Dav mengatakan:

    Yg namanya ramalan tergantung tiap org,mau percaya atau tdk

    http://wwwvideoindonesia.blogspot.com

    Lagian,isi dr ramalan itu, kata2nya msh samar2 kan?

  32. dedi mengatakan:

    pek tenan,lan wes akeh sing kebukten………………….

  33. dedi mengatakan:

    mugo mugo sing elek ora kawujud…………………kawujud seng apek wae………………………….

  34. sanggam tobing mengatakan:

    Ramalan Joyoboyo versi Ratu Adil adalah mesianisme yang juga terdapat di Junani dan Jahudi. Orang Jahudi sampai sekarang masih menunggu mesias itu, bisa bernama Immanuel, dll

  35. edi franky mengatakan:

    sebenarnya aku tak percaya ramalan tapi ramalan joyoboyo belum ada yang meleset

  36. kanglee mengatakan:

    jangan pernah berharap akan datang ratu adil jika pemerintahan kita masih republik… selama pemilu masih ada, berarti kita masih berada di era kalabendu, zaman rusak.. zaman datang tak bisa dipaksa dan disegerakan, nanti akan datang sendiri masa ratu adil, atau masa imam mahdi..
    sistem pemerintahan tidak lagi menggunakan republik, karena sistem pemilihan dilakukan oleh Yang Maha KUasa dengan cara mengirim utusan seperti ketika mengirim para Rasul…
    utang nyawa bayar nyawa
    utang wirang nyaur wirang
    ini adalah pertanda hukum Islam akan berlaku di tanah Jawa. hutang nyawa dibayar nyawa. dan sistem pemerintahan itu bukan sistem pemerintahan politik, yang diraih secara politis, tp sistem itu bersifat theo-monarkhis. sistem pemerintahan kerajaan, namun sang raja tidak memiliki mahkota, tidak memiliki istana, tidak menggunakan simbol2 pemerintahan.

  37. Cokro Kembang mengatakan:

    Ono ratu wuto iso ndeleng..
    Ono ratu lemper iso nginteri jagad..

    Gus Dur (Maaf) penglihatan terganngu tapi bisa melihat dengan jelas…

    Istrinya gusdur (maaf) keliling dunia di atas kursi roda….

    Jaman ini sudah kita lewati…..

    sekarang ……liat HTI, FPI, trus muncul satrio piningit…(ini Jelas Bukan figur)…coba liat….”Sumpah Jabatan” inilah yang nantinya akan menghukumi…cuma belum ada yang sakti…haha

    (Ini Pendapat)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s