Rod Blagojevich dan Istri
Rod Blagojevich dan Istri

Gubernur Negara Bagian Illinois, USA, Rod R. Blagojevich kemarin ditangkap Polisi Federal USA karena terindikasi melakukan transaksi tawar-menawar jabatan Senator yang ditinggalkan oleh Barrack Obama, setelah Barrack terpilih sebagai President-Elect USA yang akan dilantik tanggal 20 Januari 2009. Rod Blagojevich dibebaskan sementara dengan membayar jaminan US$4.500,-

Penawaran sesuatu jabatan di Pemerintahan maupun perusahaan adalah suatu hal yang wajar bila tidak disertai dengan permintaan untuk membayar sejumlah uang tertentu sebagai imbalan atas penunjukan jabatan tersebut. Pihak Polisi AS telah lama menerima informasi tentang tingkah-laku Gobernur Illinois yang tidak terpuji ini, karena terekam melalukan pembicaraan via telpon dengan berbagai calon pengganti Senator Barrack Obama yang mewakili Negara Bagian Illinois.

Dengan kewenangannya menawarkan jabatan Senator itu, maka Rod Blagojevich mencoba mencari keuntungan materiil yang tidak sedikit, yaitu minta imbalan jutaan Dollar AS. Akibat ulahnya itu, Partai Demokrat AS tercoreng namanya, sebab Gubernur Illinois itu juga berasal dari Partai Demokrat. Presiden-Elect Barrack Obama telah meminta Gubernur Illinois untuk mundur dari jabatan Gubernur Illinois, namun si Gubernur tetap menolak dan mau menghadapi tuntutan hukum atas perbuatannya.

Menurut beberapa ahli hukum AS, kecil kemungkinannya Gubernur Illinois akan memenangkan perkara, sebab ada banyak bukti2 kuat berbagai pembaicaraannya yang sudah terekam untuk minta imbalan atas usul penunjukan seseorang yang akan mengganti Barrack Obama, sebab di AS juga sudah ada UU ITE dan penyadapan terhadap pembicaraan orang-orang yang dicurigai oleh polisi.

Namun ada sebagian ahli hukum AS yang mengatakan bahwa, walaupun Rod Blagojevich terekam membicarakan jual-beli jabatan Senator, Ia belum terbukti menerima uang, sebab hal itu baru pada tahap tawar-menawar. Jadi ada kemungkinan Ia bisa lolos dari jerat hukum. Mari kita ikuti berita kelanjutan perkara ini.

Kasus Makelar Jabatan di Senat AS ini menjadi menarik untuk dipelajari, mengingat Indonesia sedang menuju ke Pemilu dan Pilpres 2009, dimana pasti akan terjadi pula tawar-menawar jabatan di Pemerintahan dan BUMN bagi para pendukung Partai-partai tertentu dengan atau tanpa imbalan apa-apa, misalnya orang itu dipilih karena kemampuan professionalisme.

Bila dalam penunjukan jabatan strategis itu ada imbalan uang atau janji untuk memberikan kemudahan atau fasilitas tertentu yang yang menjadi kewenangan jabatan Strategis itu, apakah ini merupakan pelanggaran hukum Indonesia atau tidak?

Silahkan ditanggapi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s