Survey FSIP UI: Prabowo Penghadang Terkuat Capres SBY

Posted: Mei 11, 2009 in Probowo Penghadang Terkuat Capres SBY
Tag:

Pusat Kajian Strategi Pembangunan Sosial Politik (PKSPSP) FISIP Universitas Indonesia mengadalak dua buah survei yaitu survei pada 100 orang Tokoh Masyarakat dari 20 Propinsi di Indonesia dan Survei pada 2.000 Responden di lokasi-lokasi yang sama dengan survei yang pertama. Proyek Survey ini berjudul “Persepsi dan Preferensi Masyarakat terhadap Tokoh Politik Menjelang Pilpres 2009” dan dilaksanakan pada tanggal 27 April 2009 sampai dengan 2 Mei 2009.

Survei pertama mewawancarai 100 orang tokoh masyarakat yang dipilih secara acak yang tersebar di 20 Propinsi, dengan metode wawancara terstruktur menggunakan kuestioner. Pengambilan sampling melalui multi-stage random sampling dengan tingkat kepercayaan sebesar 95% dan tingkat kesalahan sebesar kurang dari 4%.

Hasil Survei petama adalah sbb:

  1. Prabowo …. 32%
  2. SBY ….. 30%
  3. Megawati ….. 16%
  4. Jusuf Kalla ….. 14%
  5. Lainnya …. 8%

Pada Survey kedua yang melibatkan 2.000 responden, dengan tingkat kepercayaan sbesar 95%, dan dengan kriteria survey “Siapakah Tokoh yang paling berpeluang untuk menjadi pesaing kuat SBY”, hasilnya adalah sbb:

  1. Prabowo ….. 31,15%
  2. Megawati …… 25,2%
  3. Jusuf Kalla …… 21,05%
  4. Wiranto ….. 12,7%
  5. Yang tidak tahu ….. 9,95%

Menurut Pengamat Politik UI Cecep Hidayat, masyarakat Indonesia memiliki kecenderungan untuk memilih wajah baru dalam Pilpres mendatang. Namun kemungkinan untuk bisa mengalahkan SBY adalah kecil, kecuali bila Probowo dapat berpasangan dengan tokoh muda yang mendapat dukungan PDIP dan partai-partai lainnya. Situasi ini mirip dengan Pilpres Amerika Serikat tahun 2008 yang lalu, dimana Tokoh Muda Barack Obama mengusung slogan “Change We Believe In!”.

Silahkan ditanggapi.

Komentar
  1. Nur Syahrun Yahya Halimullah mengatakan:

    walaupu Prabowo tdk termasuk Capres, dari 3 Capres yang ada , namun dia hanya Cawapres, beliau sangat layak utk mengungguli bahkan memenangkan diatas 60 % dari 2 Pasangan yang lain karena Prabowo diberi hak wewenang oleh Ibu Megawati Soekarno Putri yg sangat besar utk merealisasikan konsep EKONOMI KERAKYATAN yg tdk dimiliki olh 2 pasang Capres yang lain ( SBY Berbudi, dan, JK-WIN) , beliau sudah Kaya Raya, apa lagi kalau Prabowo mau BERSUMPAH PADA DIRI SENDIRI. DILAKNAT 7 TURUNAN jika niatnya meleset dari :
    1. utk mensejahterakan Rakyat Kecil (Berdaulat diatas Budaya Bangsa sendiri) . 2. Menjaga NKRI.
    Catatan buat abang Prabowo.S. : Jika abang mau melaksanakan 2 hal diatas, insya ALLAH berbagai komponen mendukung abang, yaitu. a. Manusia Injdonesia yg beriman. b. TUHAN, c. Para Malaikat. d. Bumi Pertiwi.
    Salam. Nur Syahrun Yahya Halimullah. ( pesan. jika pembaca ada yg mengetahui e-mail bapak Prabowo, Mohon di kirim ke alamat. rsaniat@yohoo.com )

  2. sroestam mengatakan:

    Dik Nur Yth,

    Silahkan hubungi Cawapres Prabowo Subianto via email:

    salam.prabowo@yahoo.com

    atau via Facebook di URL: http://tinyurl. com/prabowo

    Semoga bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan negara.
    Wassalam,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s